Selasa, 07 April 2015

Agregasi


Agregasi
Agregasi dalam SQL dalam adalah proses untuk mendapatkan nilai dari sekelompok data. Yang pertama ada SUM() digunakan untuk menjumlahkan nilai pada sejumlah data pada tiap kolom dalam suatu tabel atau beberapa tabel yang tipe data kolomnya integer. Perintah umum dari SUM adalah :

Select SUM(nama_kolom) from nama_tabel;
Kedua ada AVG() digunakan untuk menghitung rata-rata nilai pada beberapa data di tiap kolom dalam suatu tabel atau beberapa tabel yang tipe data kolomnya integer. Perintah umum pada AVG adalah
 
Select AVG(nama_kolom) from nama_tabel;
Yang ketiga ada MAX() digunakan untuk menghasilkan nilai tertinggi dari beberapa kolom dalam suatu tabel. Perintah umumnya sebagai berikut.
 
Select MAX(nama_kolom) from nama_tabel;
Yang keempat ada MIN() digunakan untuk menghasilkan nilai terendah dari beberapa kolom dalam suatu tabel. Perintah umumnya sebagai berikut.
 
Select MIN(nama_kolom) from nama_tabel;
Yang kelima ada COUNT() digunakan untuk menetukan atau menghitung jumlah data pada suatu tabel. Perintah umumnya sebagai berikut.
 
SELECT COUNT(nama_kolom) from nama_tabel;
Yang keenam ada ROUND() digunakan untuk melengkapi data yang bertipe data integer dengan jumlah desimal yang ditentukan. Perintah umumnya sebagai berikut.
 
Select ROUND(nama_kolom,jumlah_desimal) from nama_tabel;
Kemudian yang ketujuh ada STDDEV_POP() digunakan untuk menghasilkan nilai standar deviasi populasi. Perintah umumnya sebagai berikut.
 
Select STDDEV_POP(nama_kolom) from nama_tabel;
Yang terakhir ada VAR_POP() digunakan untuk menghasilkan nilai standar varian populasi. Perintah umumnya sebagai berikut.
 
 Select VAR_POP(nama_kolom) from nama_tabel;

Artikel pada kesempatan ini terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat, kekurangannya mohon maaf yang sebesar – besarnya, kritik yang membangun sangat diharapkan. Wasalamu'alaikum...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda