Selasa, 07 April 2015

Basis Data

 

 -- BASIS DATA --


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
 
Pertama – tama marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga atas nikmat yang Allah berikan tersebut artikel mengenai Basis Data ini dapat terwujud. Kemudian sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan agung kita Habibana Wa Nabiyyana Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam. Langsung aja, di postingan ini saya merangkum materi praktikum basis data, diantaranya mengenai ERD, DDL, DML, Agergasi dan Grouping.
 
Adapun arti Basis Data itu sendiri terdiri dari dua kalimat yaitu basis dan data, dalam KBBI ba·sis artinya bisa asas; dasar; pangkalan. Sedangkan data itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah keterangan yg benar dan nyata; keterangan atau bahan nyata yg dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Adaoun pengertiannya basis data adalah kumpulan data yang diolah dan disimpan untuk memenuhi berbagai kebutuhan serta data tersebut saling terkait. Tujuan dibuatnya basis data sendiri untuk memudahkan proses pengolahan dan pengaturan data. Sehingga memudahkan dalam pengolahan data walupun dalam jumlah ribuanan. 

ERD

ERD ( Entity Relaionship Diagram ) adalah sebuah model diagram yang mendefinisikan keadaan maya dari suatu data nyata yang saling berhubungan dan memiliki beberapa komponen-komponen seperti entitas, atribut, relasi dan kardinalitas yang diwakili dengan gambar. Adapun gambar komponen atribut, entitas, dan relasi sebagai berikut :


Entitas adalah suatu objek di dunia nyata yang berbeda dengan objek lainnya. Misalnya Motor, Mobil, Pesawat, dan sebagainya. Sehingga entitas dalam basis data adalah sesuatu yang mewakili objek dalam dunia nyata yang membedakannya dengan objek lain.


Atribut adalah ciri khas atau karakteristik yang dimiliki oleh sebuah entitas, setiap objek memiliki karakteristik tertentu seperti seorang Perawat yang memiliki NIP, Nama, Alamat dan sebagainya. Atribut ini juga dibagi lagi ke beberapa macam atribut. Ada Simple Atribut, Composite Atribut, Single and Multivalued Atribut serta Derivate Atribut. Simple atribut adalah atribut yang tidak bisa dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Contohnya adalah jenis kelamin. Kemudian ada lagi Composite Atribut yaitu atribut yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti Alamat dapat dibagi menjadi Kota Provinsi Kode Pos. Selanjutnya ada lagi atribut single dan multivalued. Atribut Single adalah atribut yang hanya bisa diisi oleh satu nilai saja pada setiap barisnya misalnya jenis kelamin. Sedangkan atribut multivalued adalah atribut yang dapat diisi lebih dari satu nilai pada setiap barisnya misalnya hobi, alamat dan nomor kontak. Yang terakhir ada atribut derivate atau atribut turunan maksudnya adalah atribut yang didapatkan dari hasil pengolahan beberapa atribut lainnya. Misalkan atribut nilai didapatkan dari hasil penjumlahan atribut nilai dibagi dengan jumlah mata pelajaran. Berikut ilustrasinya :

 

Selanjutnya ke komponen relasi, relasi adalah hubungan antara beberapa entitas yang saling terkait. Misalnya Keterkaita antara entitas Suster dan Pasien, relasi dari kedua entitas tersebut adalah merawat, dimana suster merawat pasien. Kalau dalam bentuk ERD nya seperti berikut :



Selanjutnya Kardinalitas, Kardinalitas adalah jumlah maksimum suatu entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain. Kardinalitas suatu relasi memiliki beberapa macam jenis kardinalitas diantaranya satu ke satu, satu ke banyak, banyak ke satu, dan banyak ke banyak. Adapun penjelasan kardinalitas satu ke satu dijelaskan dengan permisalan suatu entitas X berpasangan dengan maksimal 1 entitas di himpunan entitas Y. Dari entitas X ke entitas Y kardinalitasnya maksimal 1, dan dari entitas Y ke entitas X kardinalitasnya maksimal 1. Oleh karena itu relasi ini berkardinalitas 1 ke 1. Misalkan Entitas Aku dengan Relasi Benci dan entitas lain adalah entitas kamu.Bisa digambarkan seperti berikut :


Kemudian ada kardinalitas satu ke banyak dan banyak ke satu adalah bahwa untuk setiap entitas misal di himpunan entitas A berpasangan dengan banyak entitas di himpunan entitas B. Dari entitas A ke entitas B kardinalitasnya maksimal adalah banyak, dan dari B ke A kardinalitasnya maksimal 1. Juga sebaliknya untuk banyak ke satu. Relasi Satu ke banyak terjadi apabila sebuah data yang ada pada tabel pertama memiliki beberapa data yang sama pada tabel kedua. Pada relasi ini hanya diizinkan sebuah data pada tabel pertama dan tabel kedua boleh memiliki beberapa data yang sama dengan tabel pertama. Berikut contoh kardinalitas satu ke banyak dan banyak ke satu :

Setiap penjual dapat menjual banyak barang. Ini contoh satu ke banyak.

Banyak Barang yang di suplai oleh satu supplier. Ini contoh banyak ke satu :

 

Selanjutnya yakni relasi atau kardinalitas banyak ke banyak. Maksudnya sebuah data pada tabel pertama memiliki kesamaan beberapa data pada tabel kedua begitupin sebaliknya. Jadi data pada tabel pertama dan kedua diizinkan memiliki data yang sama pada kedua tabel tersebut. Contoh :


Artikel pada kesempatan ini dicukupkan terimakasih karena telah membaca  :), semoga bermanfaat, kekurangannya mohon maaf yang sebesar – besarnya, kritik yang membangun sangat diharapkan. Wasalamu'alaikum...WR.WB. :)
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda